Dibuka oleh Ketua PKK Kota Sibolga, Pesta Siaga Pramuka Bentuk Karakter Anak

Iklan Semua Halaman

.

Dibuka oleh Ketua PKK Kota Sibolga, Pesta Siaga Pramuka Bentuk Karakter Anak

Staff Redaksi Banten
Rabu, 16 Oktober 2024


SIBOLGA | MEDIA-DPR.COM. Menyambut Hari Praja Muda Karana (Pramuka) ke-63, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga menggelar Perkemahan Prestasi  Siaga atau yang disingkat dengan Pesta Siaga  Pramuka di Lapangan Simaremare, Sibolga pada Rabu (16/10/2024) pagi. 


Kegiatan ini dibuka langsung Ketua PKK Sibolga, Farida Hanum Siregar dan dihadiri Ketua Bayangkari Kota Sibolga, Ketua Persit, Ketua Jalasenastri Korcab II. 


Dalam kesempatan ini, Ketua PKK menegaskan, Pemerintah Kota Sibolga terus memberikan perhatiannya terhadap wadah organisasi kepanduan pendidikan nonformal pada anak di Kota Sibolga. 


"Ini adalah kegiatan yang ketiga kali dilakukan oleh Kota Sibolga dibawah kepemimpinan bapak Jamaluddin Pohan," ucapnya. 


Ia memandang pentingnya anak ataupun pelajar mengikuti kegiatan kepramukaan dalam pembentukan karakter menunjang kemandirian individual di masa mendatang demi tercapainya gagasan Indonesia Emas 2045. 


"Dalam kegiatan pramuka diajarkan mandiri, kreatif, produktif, dan tangguh serta meningkatkan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sekitar," sebutnya. 


Ketua PKK Kota Sibolga ini juga menghimbau agar Dinas Pendidikan Kota Sibolga turut memberikan perhatiannya dengan mengarahkan seluruh pelajar untuk mengikuti kegiatan Praja Muda Karana tersebut di masing-masing sekolah. 


Senada dengan hal diatas, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga, Arya Wirawan mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang digelar untuk mengetahui sejauh mana praktik kemandirian anak yang didapatkan di sekolah melalui pembinaan dan pelatihan pramuka.


"Ini ajang unjuk gelar. Kita mau coba apa hasil latihan mereka selama ini di sekolah, hari ini ditampilkan," paparnya. 


Dijelaskan Arya, kegiatan ini akan berlangsung selama satu hari untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) diikuti oleh oleh 6 SD negeri dan swasta se-Kota Sibolga dan 2 dari Madrasah Ibtidaiyah setingkat SD dari Tapanu Tengah," tandasnya. (Rossy Hutabarat) 


close