Ritual Budaya Batak Sukseskan Aquabike Championship 2023

Iklan Semua Halaman

.

Ritual Budaya Batak Sukseskan Aquabike Championship 2023

Staff Redaksi Banten
Rabu, 22 November 2023

SAMOSIR | MEDIA-DPR.COM. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir Provinsi Sumatera Utara (Sumut) gelar Ritual Budaya ‘Mangelek Tao’ di Water Front City, Pangururan.


Ritual Budaya di gelar Senin 20-11-2023 dalam rangka turut mensukseskan event Aquabike Championship 2023 yang akan berlangsung di Danau Toba. 


Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadis Kominfo) Samosir, Immanuel Sitanggang kepada Wartawan Senin (20/11/2023) di lokasi acara.


Masih Immanuel, “Acara Kebudayaan dalam rangka menyambut dan mensukseskan Event Aquabike Championship 2023,” Ujarnya.


"Prosesi acara ritual diiringi ‘Gondang Batak’, dan ‘Panortor’ melengkapi jalannya ritual dari awal hingga akhir acara" Sambungnya.


"Ragam permohonan yang disampaikan kepada Alam Danau Toba, lewat para Penetua Adat, agar turut mendukung berjalannya Event Aquabike Championship 2023" Pungkasnya.


Sementara Staf Ahli Bupati Bidang Tata Kelola Pemerintahan dan Sumber Daya Manusia, Rudi Sabar Mancon Siahaan, mengatakan sehari sebelumnya, Pemkab Samosir melakukan Ibadah Keagamaan dengan para Tokoh Agama. 


"Sekarang, Daerah asal muasal suku Batak, kita laksanakan juga pagelaran ritual budaya Batak" Katanya.


"Jadi intinya hanya penyampaian doa kita kepada Tuhan. Hanya perbedaannya, kemarin dari sisi Agama, sekarang dari sisi Budaya,” jelas Rudi.


Rudi berharap kegiatan yang telah direncanakan oleh panitia, mulai dari awal hingga akhir, khusunya di Kabupaten Samosir, dapat berjalan dengan baik.


"Tentunya atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa, terhindar dari marabahaya," Imbuhnya.


Ia mengakui kerjasama yang baik dari Pusat hingga ke Daerah sangat dibutuhkan dalam mensukseskan Event Aquabike Championship 2023. 


Tokoh spiritual adat Batak Abidan Naibaho memaknai kegiatan ini merupakan bagian dari wujud mengingat para leluhur Nenek Moyang Orang Batak. 


“Karena ini mau ada Pesta Aquabike, maka kita meminta kepada yang Maha Kuasa, dan penghuni Danau Toba,” Tandasnya. (Rossy)

close