Rintis Pendirian Griya Abhipraya di Maluku, Tim Bapas Ambon Tinjau Lokasi

Iklan Semua Halaman

.

Rintis Pendirian Griya Abhipraya di Maluku, Tim Bapas Ambon Tinjau Lokasi

Staff Redaksi Media DPR
Kamis, 08 Juni 2023


Ambon | MEDIA-DPR.COM, Balai Pemasyarakatan Kelas II Ambon (Bapas Ambon) sedang merencanakan pendirian rumah singgah Griya Abhipraya di Daerah Namlea Kabupaten Buru. Tim yang berjumlah 4 orang dan ketuai oleh Milza Titaley melakukan survei gedung dalam rangka pengahlifungsian eks gedung Cabang Rutan Namlea untuk dijadikan gedung Griya Abhipraya (GA). 


Hadir juga bersama tim, Plt Kabapas Ambon Fifi Firda untuk memantau langsung pelaksanaan survei gedung tersebut. Bapas Ambon sendiri, pada tahun 2024 akan dipersiapkan untuk menjadi pilot projek GA, sehingga hal ini menjadi langkah bagi Bapas Ambon untuk melihat sumberdaya pendukung berupa fisik bangunan.


Menurut Fifi Firda, Tim Pembentukan Griya Abhipraya Bapas Ambon sudah dibentuk pada tahun 2022 dan terus bekerja untuk mempersiapkan dan mempermudah pelaksanaan Griya Abhipraya yang bermakna Rumah Harapan yang adalah prakarsa Kementerian Hukum dan HAM yang diimplementasikan oleh setiap BAPAS dan akan digunakan untuk berbagai fungsi. 


Griya Abhipraya Bapas Ambon di Desa Namlea akan menjadi pusat kegiatan bagi klien Bapas dan wadah pembimbingan klien bekerjasama dengan Pokmas Lipas di Kabupaten Buru dan Buru Selatan. Selain itu, Griya Abhipraya juga akan difungsikan sebagai temapt pelaksana  diversi bagi Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) dan menjadi rumah singgah sementara bagi klien dan keluarganya yang belum bisa kembali ke tempat tinggalnya. Entitas ini juga akan menjadi pusat galeri produk klien baik berupa makanan maupun kerajinan. Ungkap Fifi


Milza Titaley sebagai Ketua Tim mengharapkan agar kiranya di tahun 2024 nanti Bapas Ambon akan menjadi Pilot Project Griya Abhipraya di Indonesia Bagian Timur terkususnya di Maluku sehingga nantinya segala kinerja tim tidak sia-sia dan akan menjadi semangat seluruh pegawai Bapas Ambon dalam memberikan pelayanan bagi anak dan klien pemasyarakatan dapat terwujud dengan menampung stakeholder dan mitra Bapas seiring dengan perannya dalam pembimbingan kepribadian dan kemandirian. Selanjutnya juga sebagai sarana bagi klien untuk menyongsong hidup yang lebih baik. Ungkap Milza

close